Hasil UKG Buruk Tunjangan Profesi Guru Dihapus

Uji Kompetensi Guru (UKG) yang akan digelar oleh Kemendikbud pada November 2015 ini tidak bisa dianggap main-main. Hasil UKG tersebut bisa mempengaruhi Tunjangan Profesi Guru (TPG). Jika hasil UKG buruk maka TPG setiap guru akan dihapus atau dikurangi.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Surabaya Ikhsan yang membenarkan jika hasil UKG tersebut akan memberikan pengaruh terhadap tunjangan guru. Meskipun demikian, Ikhsan tidak bisa memberikan kepastian apakah TPG itu dihapus atau hanya berpengaruh terhadap jumlah TPG yang diterima guru.

“Kita mengikuti pemerintah pusat dan provinsi. Kalau pusat bilang gitu ya dilakoni. Yang diputuskan pemerintah harus kita patuhi,” kata Ikhsan yang SekolahDasar.Net kutip dari Surya Online (10/10/15).

Hasil UKG bisa berpengaruh besar terhadap pemberian TPG bisa saja terjadi karena sesuai tujuan awal dari UKG yaitu untuk melakukan pemetaan kemampuan para guru baik guru yang sudah sertifikasi maupun guru yang belum sertifikasi.

Ikhsan melanjutkan, "Untuk guru yang sudah punya sertifikasi bisa digunakan untuk mengukur tingkat perkembangan kemampuan. Selain itu, guru juga bisa memiliki kesempatan untuk memiliki sertifikasi dan hak tambahan berupa TPG bagi guru yang belum bersertifikasi," Ujarnya.

Semua guru yang mengikuti UKG tapi hasilnya belum bagus, guru tersebut akan dituntut untuk terus mengembangkan kemampuannya melalui sebuah program yaitu dengan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). (Sumber: sekolahdasar.net). www.soalukgonline.com -

PREMIUM ADVERTISEMENT


Lihat Contoh RPP

wdcfawqafwef