Kemdikbud Siapkan 200 Paket Soal untuk Tes Kompetensi Guru

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Sumarna Su‎rapranata‎ mengungkapkan, saat ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sudah menyiapkan 200 paket soal untuk 200 mata pelajaran program keahlian. "Masing-masing guru akan mendapatkan soal berbeda-beda namun bobotnya tetap sama," kata Pranata, Selasa (13/10).

Pelaksanaan UKG tahun 2015 yang akan dilangsungkan pada 9-27 November mendatang akan menguji setiap guru di seluruh Indonesia dalam satu hari selama 120 menit. Ada sekitar 5.600 TUK (Tempat Uji Kompetensi) sudah disiapkan di seluruh Indonesia.

Jumlah peserta yang berhak mengikuti UKG tahun 2015 adalah sebanyak kurang lebih tiga juta orang guru yang telah memiliki nomor unik pendidik dan tenaga kependidikan (NUPTK).

Sumarna mengatakan, UKG akan dilaksanakan dengan dua cara, yaitu daring (dalam jaringan) atau online dan luring (luar jaringan) alias offline.

"Selama 120 menit, setiap guru harus menyelesaikan soal berupa pilihan ganda. Jumlah soal diperkirakan 60 sampai 100 soal," tutur Sumarna.

Sumarna lanjut mengatakan, ke depannya UKG akan dilakukan rutin setiap tahun sebagai pemetaan kompetensi guru. Tindak lanjut dari UKG adalah pendidikan dan pelatihan untuk guru yang lebih terarah.

"Dari situ (UKG) akan dilakukan diklat. Jadi seperti diagnostik. Siapa bisa apa, dan siapa tidak bisa apa," pungkas Sumarna. (sumber: jpnn.com)

Itulah informasi terbaru perkembangan pelaksanaan UKG tahun 2015, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. www.soalukgonline.com

PREMIUM ADVERTISEMENT


Lihat Contoh RPP

wdcfawqafwef