Tujuan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015

www.soalukgonline.com - Dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional yakni mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya, maka sangat dibutuhkan peran serta pendidik yang profesional. Hal ini sejalan dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, bahwa jabatan guru sebagai pendidik merupakan jabatan profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai pada anak usia dini jalur pendidikan formal.

Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 rencananya akan dilaksanakan oleh pemerintah antara tanggal 9 - 27 November 2015 secara serentak diseluruh Indonesia dengan menggunakan dua sistem yaitu Online dan Offline/Manual, Uji Kompetensi Guru (UKG) pada masing-masing kabupaten kota akan berbeda-beda tergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetisi (TUK) dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah Semakin banyak tempat uji kompetensi semakin cepat pelaksanaan UKG.

Uji Kompetensi Guru (UKG) sudah dilaksanakan oleh pemerintah sejak tahun 2012 bagi guru yang akan mengikuti sertifikasi guru. tujuannya untuk mengukur profesionalisme guru, mengetahui level kompetensi individu guru dan peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Secara umum tujuan di adakanya Uji Kompetensi Guru (UKG) 2015 sebagai berikut:
  1. Memperoleh informasi tentang gambaran kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik dan   profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  2. Mendapatkan peta kompetensi guru yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB). 
  3. Memperoleh hasil UKG yang merupakan bagian dari penilaian kinerja guru dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru. 
Demikianlah, Mudah-mudahan dengan diadakannya Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun 2015 dan seterusnya oleh pemerintah guru-guru se indonesia menjadi tenaga pendidik yang profesional dan bermartabat sehingga kepercayaan masyarakat terhadap harkat dan martabat guru semakin tinggi Karena beberapa studi membuktikan bahwa dilaksanakannya Uji Kompetisi Guru (UKG) berdampak positif pada perbaikan kinerja guru dan peningkatan mutu pendidikan. Terima kasih

PREMIUM ADVERTISEMENT


Lihat Contoh RPP

wdcfawqafwef