Waktu Pelaksanaan Dan Sistem UKG Tahun 2015

www.soalukgonline.com - UKG Tahun 2015 tidak jauh berbeda dengan Uji Kompetensi Guru (UKG) tahun-tahun sebelumnya yaitu masih menggunakan dua sistem, sebagai berikut: 
  1. Sistem online, sistem ini dilaksanakan pada daerah yang terjangkau jaringan internet dan memiliki ruangan yang berisi perangkat laboratorium komputer dan terhubung dalam jaringan intranet. Uji Kompetensi Guru online dimulai secara serentak di semua Tempat Uji Kompetensi (TUK) pada tanggal yang telah ditetapkan dan dilaksanakan selama 120 menit atau 2 jam. Pelaksanaan UKG setiap hari dibagi dalam 2 sampai 3 gelombang.
  2. Sistem offline atau manual, sistem ini dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki ruangan yang berisi laboratorium komputer dan tidak terhubung dalam jaringan internet. Pelaksanaannya dimulai 1 satu hari setelah pelaksanaan UKG online. 
Waktu Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru Tahun 2015 
  1. Pelaksanaan UKG online tahun 2015 akan berlangsung antara tanggal 9-27 November 2015 secara serentak di seluruh Indonesia. Jadwal pelaksanaan UKG ditentukan bersama oleh PPPPTK/LPPKS/ LPPPTK-KPTK, bersama LPMP dan dinas pendidikan kab/kota. Durasi pelaksanaan UKG pada masing-masing kabupaten/kota akan berbeda-beda bergantung pada jumlah Tempat Uji Kompetensi dan jumlah peserta pada masing-masing wilayah. Semakin banyak Tempat Uji Kompetensi  semakin cepat pelaksanaan Uji Kompetensi Guru. Penempatan peserta UKG online pada satu kabupaten/kota dilakukan secara merata agar waktu berakhirnya pelaksanaan Uji Kompetensi Guru online di setiap lokasi dapat bersamaan atau disesuaikan dengan jumlah komputer yang ada.
  2. Waktu pelaksanaan UKG Offline dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia selama 1 hari, jadwal pelaksanaan akan ditentukan kemudian diantara tanggal pelaksanaan UKG online atau setelah UKG online selesai.Bagi guru yang memiliki kekhususan yaitu Tuna Netra memerlukan pendamping dari Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota sebagai pembaca soal dengan durasi waktu yang diperlukan 180 menit dan dijadwalkan khusus.
Sebagai langkah awal mempersiapkan diri menghadapi UKG 2015 adalah dengan memahami kisi-kisi UKG 2015. Bagi para rekan guru yang belum terbiasa dengan komputer dan internet masih ada cukup waktu untuk belajar menjinakan mouse yang lumayan sedikit liar agar hasil Uji Kompetensi yang di ikuti nanti sesuai dengan yang kita inginkan. 

Demikian yang dapat kami informasikan mengenai waktu dan sistem pelaksanaan UKG 2015 mudah-mudahan dapat membantu para rekan guru yang akan mengikuti UKG tahun ini. Terimakasih.

PREMIUM ADVERTISEMENT


Lihat Contoh RPP

wdcfawqafwef